Ayam Bakar Raja Raja di Pujasera Rumahitam

Ayam Bakar Raja Raja di Pujasera Rumahitam

Ayam bakar raja raja merupakan masakan kombinasi Jawa, Melayu,dan Padang. Awalnya diolah pakai bumbu khas Jawa, terus dihidangkan dengan disiram pakai kari Padang. Terakhir jangan lupa cocolkan ayam gorengnya ke sambal balacan khas Melayu. Kombinasinya klop, rasanya juga top.

ANDRIANI, Batam—

Pujasera Rumah Hitam di Sekupang bisa menjadi pilihan buat Anda untuk menjajal menu khas tradisional nusantara. Tempat makannya menyatu dengan sanggar seni Rumahitam. Malam menjelang, para pengunjung bisa menyaksikan pentas latihan kesenian para seniman sambil menikmati hidangan yang dipesan.

Pada siang hari tak kalah mengasikan. Para pengunjung bisa melihat suasana bangunan serba hitam. Di dalam sanggar, ada puluhan tempelan artikel koran berisi tulisan yang menceritakan aksi-aksi seniman Rumahitam. Di sana juga tersedia, beberapa saung lesehan yang kental dengan suasana alam terbuka full angin segar dari sekitarnya.

Ada beberapa menu yang ditawarkan di Pujasera Rumahitam, semuanya berbau nama kerajaan. Di antaranya ayam bakar Raja-raja, ayam goreng kesultanan, ikan bakar panglima, ikan goreng Laksemana, telur dadar Hang Tuah dan telur goreng Hang Jebat.

Nama menunya sengaja dibuat unik. Selain untuk menarik pelanggan datang, nama menu tersebut memiliki filosofi tersendiri. ”Menu yang dihidangkan sebagai bentuk penghormatan kepada seorang raja. Begitu juga pelayanannnya, kami anggap para tamu di sini seperti raja,”ujar Tarmizi, Pemilik Pujasera Rumahitam.

Aneka menu di Pujasera Rumahitam ini merupakan masakan kombinasi Jawa, Padang dan Melayu. Salah satunya menu ayam bakar raja-raja. Pertama-tama, ayam segar dimasak terlebih dulu dengan bumbu masak Jawa yaitu santan, cabe merah giling, merica, jahe, kunyit, salam dan gula. Usai itu ditiriskan lalu digoreng sebentar. Baru kemudian dibakar.

Saat akan dihidangkan ayam yang telah dibakar disiram dengan kuah padang. Begitu akan disantap, jangan lupa menyantapnya dengan sambal balacan. Harga aneka masakan ini cukup terjangkau harganya. Seperti ayam bakar Raja Raja cuma dipatok Rp11 ribu, ayam goreng kesultanan cuma Rp11 ribu, ikan bakar panglima cuma Rp15 ribu, telur dadar Hang Tuah cuma Rp7 ribu dan telur goreng Hang Jebat cuma Rp 8 ribu. Ada lagi menu masakan Padang yang murah meriah cuma Rp6 ribu. Menu lainnya ikan bakar panglima yang pakai ikan gurame segar langsung diambil dari aquarium. Masakannya enak, harganya terjangkau dan tampatnya yang nyaman membuat orang ramai-ramai datang ke sana. ”Sehari bisa menghabiskan 15 ekor ayam,” ujarnya. ***

Sumber : Batampos Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: