Gurihnya Gulai Kepala Ikan ala Singapura

Gurihnya Gulai Kepala Ikan ala Singapura

Kepala ikan sering menjadi bahan makanan yang disisihkan di sebuah restoran atau tempat makan lainnya. Mereka lebih sering memakai badan ikan yang banyak dagingnya. Nah, Chef Subardi dari Bukti Darmo Golf Surabaya mengolahnya dengan bumbu gulai.

Selintas olahan dan hasilnya mirip olahan masakan Padang. Namun, gulai kepala ikan buatan Chef Subardi ini memakai racikan ala Singapura. Tidak pedas tetapi tetap gurih di lidah.

“Berbeda dengan masakan Padang yang umumnya berasa pedas. Gulai kepala ikan Singapura ini cabainya tidak dihaluskan, dimasukkan utuh langsung,” terang Subardi, 42. Jadi, rasanya tidak terlalu pedas. Kecuali Anda memakan cabai rawit utuh itu bersama nasi.

Subardi sendiri membuat sambal bawang sebagai teman sajian gulai ikan kepala ini. Rasanya sedap dan pedas. Bisa menjadi alternatif selain nyeplos cabai rawit utuh.
Perbedaan lainnya, cara mengolah kepala ikan ini. Biasanya orang memasak kepala ikan bersama bumbunya sekaligus di atas api. Bumbu tentu lebih meresap. Tetapi, Subardi memisahkan kepala ikan yang direbus dan bumbu gulai yang menyertainya.

Untuk menu ini ikan kakap dipilih karena dagingnya halus. Toh, jika tidak suka, Anda bisa menggantinya dengan kepala ikan bawal. Subardi juga memasukkan susu kental manis di antara bumbu yang dipakai. “Susu lebih menambah rasa gurih saja. Santan saja sebenarnya sudah cukup,” kata lelaki yang sudah bekerja di Bukti Darmo Golf selama tiga tahun ini.

Bersamaan dengan itu, Subardi menyajikan dua resep berbahan buntut dan iga sapi. “Supaya tidak keras, buntut dan iga sapi harus direbus sekitar tiga jam, kurang dari itu ya kurang empuk,” ujar Subardi.

Kecuali Anda memasak daging sapi atau beef. Lumuri daging sebelum direbus dengan pasrahan nanas agar lebih empuk ketika dimakan. Beef juga bisa dipakai bahan asam-asam atau bumbu kecap. Sebagai penyegar mulut setelah makan, dua sajian minuman dibuat Tri Haryanto, kelapa muda spesial dan jus sehat. Kelapa muda spesial lebih tradisional, sedangkan jus sehat dibuat dari campuran sayuran dan buah-buahan segar. ida

Sumber: SURYA Online

2 Responses to “Gurihnya Gulai Kepala Ikan ala Singapura”

  1. ani Says:

    pak tolong dong kasih tau bumbu gulai kepala ikan ala singapura karena saya suka makan gulai ikan pasti makyusss…thanks ya

  2. indyastaric06 Says:

    gak ada gambarnya yah??wah..penasaran bentuknya euy..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: