Slruup! Sop Daging Betawi Punye

Slruup! Sop Daging Betawi Punye
Eka Septia – detikFood

Jakarta – Buat yang sedang meriang, badan kurang segar, sup yang satu ini bisa jadi obat mujarab. Inilah sop daging sejujurnya olahan dapur Betawi. Kuahnya bening kecokelatan, dengan potongan daging yang kekar namum empuk lembut. Jangan ditanya lagi rasanya. Gurih, segar dan nikmat kagak ade duenye!

Rumah makan Berkah ini sudah kondang sejak lama. Sajian andalannya ya cuman sop daging. Peringatan pertama, jangan terlalu siang kalau mau mampir ke warung makan yang ada di dekat gedung Prabu 1 Jl.TB Simatupang ini. Pasalnya Anda bakal harus menunggu di luar untuk dapat kursi atau yang paling apes, sop sudah habis!

Karena tak mau mengalami kekecewaan, maka sayapun menyiapkan waktu. Jam 12 lewat sedikit sudah ada di rumah makan yang sudah ada sejak tahun 1980 an ini. Ternyata hampir semua meja sudah dipenuhi pengunjung pada jam makan siang itu.

Menu andalan rumah makn ini dari dulu adalah sop daging sapi. Hanya tersedia dua ukuran, mangkuk kecil dan mangkuk besar. Buat yang tidak suka daging sapi, ada ayam goreng telur dan pepes ikan mas.

Di ujung bagian tengah terdapat lemari kaca tempat meracik soto. Uap gurih aroma daging segera tercium. Usaha saya untuk meminta potongan daging dengan sedikit tulang ternyata gagal. “Sudah habis, tinggal daging aja”’ demikian komentar sang pelayan.

Pesanan sup dalam porsi kecil disajikan dalam mangkuk sup ukuran sedang. Ada sekitar 3-4 potong daging sapi dalam ukuran lumayan besar, sekitar 4×4 cm. Bongkahan daging ini direndam kuah kecokelatan bening dan ditaburi urusan daun bawang dan seledri yang lumayan royal. Aroma kaldu sapinya sangat gurih menusuk hidung!

Kalau melihat besarnya potongan daging tentu jadi ragu. Apa empuk ya daging sebesar itu? Hmm…ternyata daging sangat mudah dipotong dengan sendok dan garpu. Rasanya? Empuk, lembut dan gampang dikunyah. Tekstur dagingnya kemerahan. Mungkin saja daging dimasak dengan panci tekan sehingga tetap kekar tapi empuk! Paling tidak perlu proses memasak yang cukup lama dan teliti menjaga kaldu agar tida keruh.

Hirupan kuahnya teras gurih, jujur, alami selayaknya kaldu daging asli yang sedap. Setelah diaduk dengan sambal rawit dan kucuran air jeruk nipis, barulah terasa agak sangar, sedikit mengigit dan memiu derasnya cucuran keringat!

Untuk menikmati sop daging ini selain dengan nasi, ada lauk-pauk sederhana yang tersedia. Perkedel, tempe goreng dan tahu goreng plus emping melinjo super besar. Tempenya berukuran besar, digoreng kering dengan rasa bawang meresap. Garing dan gurih. Perjedelnya selain besar, padat rasanya juga gurih lembut dengan aroma pala dan merica yang wangi. Semuanya tampil seperti gaya Betawi, polos, seadanya!

Cucuran keringat pun saya redakan dengan es jeruk peras yang asli, asam manis dan segar. Emping yang dikucuri kecap manispun jadi pelengkap sempurna santapan sop daging ini. Sebagai peredam rasa pedas dan lemak sop di mulut, pencuci mulut di warung ini saying dilewatkan. Kue bugis di tempat ini memag kondang. Terbuat dari tepung ketan hitam dengan unti kelapa yang putih serta dibungkus daun pisang. Legit, lentur dan wangi rasanya, pas buat pencuci mulut! Sayapun membawa beberapa bungkus kue bugis ini untuk dibawa pulang!

Harga yang ditaawrkan warung makan ini masih relative murah mengingat porsunya yang lumayan besar. Sop daging mangkuk kecil Rp 25.000,00 dan mangkok besar Rp 30.000,00. Tahu dan tempe Rp 1.500,00 sedangkan untuk perkedel Rp 3.000,00. O ya, kue bugis yang enak dan legit itu hanya Rp. 1.000,00 per bungkus. bukan? Kalau ingin mneyegarkan badan sambil memcicipi kuliner Betawi yang sejujurnya, mampir saja ke warung makan ini!

RM. Berkah
Masakan Betawi
Jl. Jeruk Purut No.10 Cilandak Timur
Jakarta Selatan
Samping Gedung Ratu Prabu I, belakang masjid
Telp: 021-7815652

Sumber: detikFood

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: