Emping, Si Kerupuk Melinjo

Emping, Si Kerupuk Melinjo
Odilia Winneke – detikFood

Jakarta – Emping? Hmm..banyak orang sekarang takut menyantapnya. Padahal rasanya yang gurih renyah dengan aroma wanginya bisa bikin ketagihan. Jakarta juga punya koleksi emping yang yahud. Bukan hanya besar ukurannya tetapi renyah gurih melayang rasanya. Cobain yuk!

Kalau bicara soal emping memang tak ada habisnya seperti saat mengunyahnya. Emping merupakan hasil olahan biji buah melinjo. Buah ini dihasilkan oleh pohon melinjo yang dikenal dengan sebutana tangkil. Pohonnya tinggi besar, batangnya kokoh, dengan daun yang oval licin.

Di berbagai daerah terdapat pohon melinjo juga di Jakarta. Kawasan yang terkenal sebagai penghasil melinjo adalah Condet. Kawasan ini oleh Gubernur DKI Ali Sadikin pada tahun 1975 ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya. Daerah yang sejuk dengan rerimbunan pepohonan ini meliputi kelurahan Batu Ampar, Bale Kambang dan Kampung Tengah atau Gedong.

Di Condet terkenal hasil buah yang berkualitas bagus seperi kecapi, duku, salak, durian dan emping. Sayang sekali kini sulit mencari buah-buahan asli tersebut. Jika sedang musim biasanya salak, duku dan emping dijajakan di pinggir jalan di depan rumah penduduk.

Emping Condet berbeda dengan emping dari daerah lain. Biji melinjonya disangrai dalam pasir panas sehingga matang. Kemudian biji ini dikupas kulit kerasnya dan dipipihkan dengan palu. Biasanya beberapa biji dipipihkan bersambungan sehingga membentuk lingkaran kerupuk yang tipis lebar. Diameternya ada yang 10 cm sampai 20 cm.

Setelah digoreng barulah mengembang dan makin terasa gurih enaknya. Bisa dimakan begitu saja tetapi makin enak dijadikan topping soto Betawi, gado-gado atau sop kaki kambing. Soal ancaman kandungan asam urat, tak usahlah terlalu risau. Kalau tak tiap hari siapa takut?

Sambil makan emping boleh juga kite berpantun kayak encing dan encang:

metik kwini jangan dikadut
kalu dikadut banyak getahnye
nyari bini jangan nyang gendut
kalu nyang gendut banyak anaknye

Sumber: detikFood

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: