Gado-gado Rasa Berani

Gado-gado Rasa Berani
Warta Kota/Pradaningrum

SEPERTINYA menu makan siang berupa gado-gado tak pernah  membosankan. Makanan ini beragam macamnya, tergantung  bagaimana si pedagang meramu bumbu dan mengulek bumbu kacangnya. Jika Anda termasuk orang yang suka menyantap makanan sambil menikmati suasana nostalgia, cobalah ke kawasan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat.

Di gang kecil yang berjubel dengan aneka makanan, Gang Gloria,  Anda tak hanya menikmati makanan atau minuman tapi juga suasana pecinan, suasana kampung yang bersahabat, aroma masa lalu yang kental. Di sini hanya ada satu gado-gado yang namanya tertiup angin hingga ke seantero Jakarta, nama yang cukup unik, Gado-gado Direksi.

Inilah gado-gado yang di masa lalu jadi buah bibir pegawai hingga petinggi bank, utamanya di masa ketika Indonesia booming bank. Tak pelak, warung gado-gado ini pun dianugerahi julukan Gado-gado Direksi, meski awalnya warung ini letaknya di pinggir jalan. “Soalnya yang makan ke sini dulu kebanyakan petinggi bank. Kalau ada yang pesan dibungkus, pasti juga pake pesan begini, ‘Bikin yang spesial, ini untuk orang penting’,” tutur Wilsa Isadora atau biasa disapa Lie, putri Shinta Devi, pelopor gado-gado di pecinan ini.

Tampilan gado-gado pujaan direksi bank ini terlihat sama seperti gado-gado lain. Tapi kalau disimak lebih jelas, ada bedanya. Pertama, saus bumbu kacang tebal menutup sayur-mayur dengan bawang goreng di pinggir piring. Kedua, kerupuk udang serta emping di pinggir lain. Ketiga, tak pelit dengan bumbu kacang yang diulek halus sempurna, serta rasa yang berani. Itulah kekuatan gado-gado ini.

Anda bisa pilih, gado-gado saja atau dengan lontong/nasi. Keunikan lain, dalam kerumunan sayur-mayurnya ada labu siam yang dipotong kecil. Gado-gado ini hanya menggunakan lima jenis sayur. Selain labu, juga ada taoge, kol, kacang panjang, dan kangkung. Kalau mau, Anda juga bisa pesan dengan bumbu kacang mede. Harganya berkisar Rp 13.000 – Rp 16.000/porsi.

Jika Anda tak sempat makan di tempat, dibawa pulang juga tak apa. Tak seperti gado-gado lain yang layu ketika Anda makan di rumah, gado-gado ini tetap segar. Yang pasti bumbu kacangnya itu. Rasanya berani tapi pas di lidah.

Minum muntahay

Untuk membasahi tenggorokan, bisa coba muntahay. Ini adalah minuman untuk meredam panas dalam, tapi bisa diminum dalam kondisi apa saja. Lebih segar dengan es batu. Sekilas mirip es cincau. Muntahay adalah buah dari China. Buahnya mirip buah kana yang biasa untuk manisan. Setelah direndam dengan air panas, barulah bisa digunakan.

“Ini biasanya ada di toko obat China. Bagus buat kesehatan. Kalau udah jadi, baru bisa dibikin minuman. Ditambah air, es, sama gula,” jelas Akiong, si pemilik kedai minum.

Tempat ini buka setiap hari sejak pukul 9.30 hingga sekitar pukul 16.30. “Kalau dulu, sebelum kerusuhan (tahun 1998–Red) kita bisa buka sampai jam 10 (malam). Apalagi waktu masih ada Bioskop Gloria. Sekarang, jam 4 (sore) aja udah sepi,” ujar Lie

Kini pelanggan mereka tentu sudah berganti generasi, seperti juga warung ini yang sudah diturunkan dari Shinta Devi ke putrinya Lie. Tapi tetap, mereka yang ingin mengingat lagi masa 20 tahun lalu, kembali ke tempat ini. “Atau mereka pesan aja berapa bungkus gitu. Biasanya masih selalu dari Bank Buana. Dulu sih ada Bank Exim, terus sekarang Bank Mandiri, Bank BCA juga,” lanjut Lie.

Bahkan Gus Dur dan Megawati sering mencari gado-gado ke tempat ini. Setidaknya itu yang dikatakan orang-orang suruhan para mantan Presiden RI itu kala diminta memesan gado-gado spesial. “Makanya waktu itu ada yang bilang, harusnya namanya Gado-gado Presiden. Ah, nggaklah terlalu tinggi. Cukup Gado-gado Direksi aja,” ujarnya.

Sumber: http://www.kompas.com/read/xml/2009/06/13/17014095/Gado-gado.Rasa.Berani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: